Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, 20 Pelanggar Syariat Islam Dicambuk

Kompas.com - 09/03/2012, 13:35 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Sebanyak 20 pelanggar hukum syariat Islam di Kota Langsa, Aceh, akan menjalani hukuman cambuk seusai ibadah shalat Jumat (9/3/2012).

Kepala Dinas Syariat Islam Kota Langsa, Ibrahim Latif, mengatakan, eksekusi ini merupakan vonis yang sudah ditetapkan oleh Mahkamah Syariah yang dijatuhkan kepada para terdakwa. Para terdakwa terbukti bersalah melanggar Qanun Syariat Islam Nomor 12, 13, dan 14 Tahun 2011 tentang Maisir, Khamr, dan Khalwat.

Pelaksanaan cambuk akan dilakukan di lapangan Merdeka, Kota Langsa. "Selalu saja pelaksanaan uqubat cambuk dilakukan di depan khalayak ramai, selain untuk menimbulkan efek jera bagi pelaku, juga peringatan bagi warga lainnya untuk tidak melakukan pelanggaran," jelas Ibrahim Latif.

Para pelanggar Syariat Islam ini ditangkap sejak bulan Januari 2012 lalu. "Jadi untuk tahun ini, ini memang baru yang pertama kali kita lakukan dan memang jumlahnya banyak," kata Ibrahim.

Diharapkan, masyarakat bisa mendapat pelajaran dari pelaksanaan uqubat cambuk. "Kami terus melakukan dakwah dan sosialisasi untuk meminimalisasi aksi-aksi pelanggaran Syariat Islam, terutama di Kota Langsa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com