Hari Ini, 20 Pelanggar Syariat Islam Dicambuk

Kompas.com - 09/03/2012, 13:35 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Sebanyak 20 pelanggar hukum syariat Islam di Kota Langsa, Aceh, akan menjalani hukuman cambuk seusai ibadah shalat Jumat (9/3/2012).

Kepala Dinas Syariat Islam Kota Langsa, Ibrahim Latif, mengatakan, eksekusi ini merupakan vonis yang sudah ditetapkan oleh Mahkamah Syariah yang dijatuhkan kepada para terdakwa. Para terdakwa terbukti bersalah melanggar Qanun Syariat Islam Nomor 12, 13, dan 14 Tahun 2011 tentang Maisir, Khamr, dan Khalwat.

Pelaksanaan cambuk akan dilakukan di lapangan Merdeka, Kota Langsa. "Selalu saja pelaksanaan uqubat cambuk dilakukan di depan khalayak ramai, selain untuk menimbulkan efek jera bagi pelaku, juga peringatan bagi warga lainnya untuk tidak melakukan pelanggaran," jelas Ibrahim Latif.

Para pelanggar Syariat Islam ini ditangkap sejak bulan Januari 2012 lalu. "Jadi untuk tahun ini, ini memang baru yang pertama kali kita lakukan dan memang jumlahnya banyak," kata Ibrahim.

Diharapkan, masyarakat bisa mendapat pelajaran dari pelaksanaan uqubat cambuk. "Kami terus melakukan dakwah dan sosialisasi untuk meminimalisasi aksi-aksi pelanggaran Syariat Islam, terutama di Kota Langsa," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.