Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Januari Kasusnya Mencapai 386

Kompas.com - 07/03/2012, 03:10 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS - Sejak Januari 2012 tercatat ada 386 kasus demam berdarah di Kalimantan Selatan. Dari jumlah tersebut, 5 penderita di antaranya meninggal dunia, masing- masing 3 orang di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, 1 orang di Kota Baru, dan 1 orang di Banjarbaru.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Rosihan Adhani di Banjarmasin, Selasa (6/3), mengatakan, tahun ini kemungkinan besar kasus demam berdarah di Kalsel meningkat dibanding pada 2011. Tahun lalu, tercatat ada 363 kasus dengan jumlah kematian sebanyak 8 orang.

”Jumlah kematian masih di bawah 2011, tetapi angka kasusnya tahun ini naik. Sampai Maret saja sudah 386 kasus. Adapun jika dibanding dengan 2010 kelihatannya tahun ini masih lebih rendah. Pada 2010 lalu terdapat 1.079 kasus dengan penderita meninggal 33 orang,” ujar Rosihan Adhani.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar waspada karena hujan masih akan berlangsung hingga April. Pada masa seperti ini tingkat perkembangbiakan nyamuk dan peluang gigitannya lebih besar dibanding pada musim kemarau.

Di Kalsel sendiri ada enam daerah endemis demam berdarah, di antaranya Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, dan Hulu Sungai Tengah. (WER)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com