Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspektasi Masyarakat terhadap Ekonomi Papua Tinggi

Kompas.com - 02/03/2012, 16:54 WIB
Josie Susilo Hardianto

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Survei konsumen yang dilakukan Bank Indonesia pada Februari 2012 menunjukkan ekspektasi masyarakat terhadap kinerja ekonomi Papua dan Papua Barat masih tinggi. Tiga indikator, yaitu indeks keyakinan konsumen (IKK), indeks kondisi ekonomi (IKE) , dan indeks ekspektasi konsumen (IEK), yang dilihat di dua kota, yaitu Manokwari dan Jayapura, menunjukkan angka di atas seratus.

Menurut Deputi Bidang Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Cabang Jayapura Aslan Lubis, Jumat (2/3/2012), perolehan angka di atas seratus menunjukkan bahwa konsumen merasa lebih optimistis terhadap kondisi yang akan datang. Secara umum, rata-rata IKK di kedua kota itu mencapai 142,10. Selain itu, indeks kondisi ekonomi di kedua kota itu juga menunjukkan angka yang baik, yaitu 134,07.

Menurut Aslan Lubis, hal itu mengindikasikan berbagai kebijakan ekonomi dan moneter serta politik dan keamanan yang ditempuh pemerintah cukup mampu menjaga keyakinan konsumen. Namun, di tengah-tengah rencana menaikkan harga bahan bakar minyak, pemerintah harus mengambil beberapa langkah untuk menjaga ekspektasi masyarakat Papua itu.

Beberapa upaya strategis yang dapat dilakukan, antara lain, adalah meningkatkan produksi lokal Papua, meningkatkan produksi ikan budidaya, operasi pasar, kerja sama dengan produsen pakan ternak untuk memproduksi pakan ternak di Papua, serta memberikan insentif kepada petani dan nelayan untuk meningkatkan produksi mereka.

Di sisi lain, Kepala Bank Indonesia cabang Jayapura Leo R Tandiarrang mengatakan, potensi ekonomi di Papua tinggi. Apalagi , tuturnya, terdapat dana cukup besar untuk meningkatkan usaha produksi di Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com