Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Semalaman, Padang Dilanda Banjir

Kompas.com - 01/03/2012, 03:26 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Ratusan rumah di Kota Padang, Sumatera Barat, terendam banjir akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Rabu (29/2/2012) siang hingga Kamis dini hari.

"Rumah terendam banjir terdapat di daerah Lubuk Buaya, Simpang Kalumpang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Dedi Henidal, Kamis di Padang.

Menurut Dedi, banjir terparah terjadi di kompleks perumahan warga di Lubuk Buaya. Banjir di daerah ini akibat air sungai yang meluap ke jalan hingga menggenangi rumah penduduk. Dedi memperkirakan ketinggian air yang merendam rumah warga pada dini hari ini lebih dari 1 meter. "Kami belum tahu apakah rumah warga tersebut hanyut dibawa arus yang cukup deras," katanya.

BPBD Kota Padang mengerahkan 280 personel dan tiga perahu karet untuk mengevakuasi warga korban banjir. Dalam evakuasi warga ke lokasi pengungsian, kata Dedi, Pusat Pengendalian Operasi BPBD Sumbar tetap melakukan koordinasi dengan Basarnas sesuai prosedut tetap penanggulangan banjir.

Selain menggenangi rumah warga, banjir juga melanda area persawahan serta hewan ternak milik masyarakat. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa akibat banjir. Hingga berita ini ditayangkan, beberapa ruas jalan di Kota Padang masih tergenang air. Arus lalu lintas masih terlihat normal dan tidak ada mobil yang terjebak banjir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com