Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

436 TKI Bermasalah Sudah Dipulangkan dari Riyadh

Kompas.com - 29/02/2012, 11:44 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam periode 1 Januari-25 Februari 2012, KBRI-Riyadh telah memulangkan sebanyak 436 orang TKI bermasalah/kaburan ke Indonesia dan berhasil mengupayakan mendapatkan hak-hak mereka sebesar 406.850 dollar AS atau setara dengan Rp 3,62 miliar.

Menurut siaran pers KBRI Riyadh, Rabu (29/2/2012), para TKI tersebut lari dari rumah majikan dan agen dengan permasalahan beragam, antara lain yang terbesar adalah gaji tidak dibayar, selain itu pekerjaan tidak sesuai dengan perjanjian kerja, disiksa majikan, tidak siap bekerja, sakit, dan ingin pulang ke Tanah Air.

Mereka lari ke KBRI Riyadh untuk meminta perlindungan, yang kemudian ditampung di Transit House setelah melalui proses pendataan dan administrasi.

Pemulangan para TKI bermasalah tersebut dilakukan secara bertahap dengan menggunakan pesawat terbang Singapore Airlines/SQ, Ettihad/EV, Kuwait Airlines/KU, Emirate/EK, dan Saudi Airlaines/SV. Saat ini, jumlah TKI di Transit House KBRI Riyadh yang masih dalam proses untuk dipulangkan ke Indonesia sebanyak 176 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com