Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Emisi Esemka Berjalan Lancar

Kompas.com - 27/02/2012, 21:27 WIB
Dian Maharani

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com - Uji Emisi untuk  mobil Esemka di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP), Puspitek, Serpong, Banten, hari ini berjalan lancar. "Kita sudah menyaksikan bersama bagaimana pelaksanaan uji emisi Esemka yang dikomandani oleh Wali Kota Solo. Semua berjalan lancar," kata Erzi Aqson Gani, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa pada jumpa pers di Serpong, Senin (27/2/2012).

Setelah proses pendinginan selama enam jam, uji emisi mulai  dilakukan sekitar pukul 13.15 dan berlangsung selama 20 menit. Uji emisi dilakukan oleh  tiga orang penguji dan tiga orang pengawas. Proses uji emisi tersebut disaksikan langsung lewat monitor dan dari ruang kaca oleh Wali Kota Solo, Jokowi dan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Ikut pula pakar telematika Roy Suryo, Anggota Komisi VII DPR Muhammad Syafrudin dan Juliaman dari Kementerian Perhubungan.

Namun hasil uji emisi tersebut belum bisa dikeluarkan oleh Kementrian Perhubungan RI. Lolos atau tidaknya uji emisi mobil Esemka Rajawali ini belum bisa diketahui pada hari ini juga karena masih harus melalui beberapa tahap. Hal tersebut berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan No. 9 tahun 2004 tentang pengujian tipe kendaraan bermotor.

Mobil Esemka baru bisa diproduksi secara massal apabila lolos uji emisi tersebut dan telah mendapatkan sertifikat laik jalan dari Kementerian Perhubungan Darat. Usai uji emisi, mobil Esemka bernomor polisi AD 1 A tersebut pun kembali ke Solo dan dikendarai langsung oleh Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com