Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yusron Ihza Kuasai Belitung

Kompas.com - 27/02/2012, 18:27 WIB
Kris R Mada

Penulis

BELITUNG, KOMPAS.com - Hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menunjukkan Yusron Ihza-Yusroni menguasai Pulau Belitung.

Dari dua kabupaten di pulau itu, Yusron yang putra asli Belitung tersebut meraup total 79.571 suara sah. Perolehan suara itu dipastikan setelah KPU Belitung dan Belitung Timur selesai menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara, Senin (27/2/2012) sore.

Di Belitung, Yusron mendapat total 48.741 suara dari 79.442 suara sah. Sementara di Belitung Timur, kampung halaman keluarga Yusron, calon dari PPP-PBB itu mendapatkan 30.830 suara dari 54.102 suara sah.

Perolehan suara Yusron-Yusroni dikejar oleh calon petahana Eko Maulana Ali. Eko yang menggandeng Rustam Effendi mendapat 15.203 suara di Belitung. Sementara di Belitung Timur, pasangan yang diusung PDI Perjuangan, Golkar, dan PKS itu mendapat 10.657 suara sah

Sementara Bupati Belitung Darmansyah Husein yang menjadi calon wakil gubernur bagi Zulkarnain Karim harus puas dengan 13.069 suara di Belitung. Di Belitung Timur, pasangan yang disokong Demokrat-PAN itu mengumpulkan 10.449 suara.

Adapun pasangan Hudarni Rani-Justiar Noer harus puas dengan 2.429 suara di Belitung. Sementara di Belitung Timur, pasangan cari koalisi Hanura, Gerindra, dan enam partai non parlemen itu hanya mendapat 2.166 suara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com