Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Lahar Dingin Merapi, Belasan Rumah Rusak

Kompas.com - 26/02/2012, 10:57 WIB
Iwan Santosa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir lahar dingin melanda tujuh sungai di kaki Gunung Merapi, Jawa Tengah, pada Sabtu (25/2/2012) sore.

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Minggu pagi mengatakan, banjir tersebut mengakibatkan belasan rumah warga di lereng Merapi rusak.

"Tujuh sungai yang terjadi banjir lahar dingin adalah Kali Pabelan, Blongkeng, Putih, Batang, Lamat, Krasak, dan Bebeng. Akibat banjir, bronjong sepanjang 70 meter di timur Dusun Nabin, Desa Gulon, Kec Salam dan di Dusun Surodadi, Kec Sawangan hanyut.

Sedangkan kerusakan rumah mengakibatkan 1 rumah milik Senen Seco Utomo, (60), di Dusun Krajan RT 2 RW 3, Desa Ngargosoko roboh.

Sementara itu 10 rumah rusak ringan di Dusun Krajan," Sutopo menerangkan. Sistem peringatan dini lahar dingin yang dipasang BNPB dan BPPTK Badan Geologi berfungsi dengan baik sehingga masyarakat dapat melakukan evakuasi lebih awal sebelum terkena lahar dingin.

Menurut Sutopo, aparat pemerintah hingga tingkat desa memperoleh peringatan dini melalui radio komunikasi dan menyampaikan ke masyarakat. Hingga saat ini aparat BPBD, SAR, TNI, relawan dan masyarakat masih berada di lokasi. Untuk informasi lebih lanjut, warga dipersilakan menghubungi BPBD Jawa Tengah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com