Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Es Mencair, Balkan Terancam Banjir

Kompas.com - 22/02/2012, 11:15 WIB

BEOGRAD, KOMPAS.com —  Setelah berpekan-pekan cuaca dingin yang ekstrem di Balkan barat, kenaikan temperatur yang diharapkan banyak orang menimbulkan ancaman baru bagi wilayah tersebut, demikian peringatan pemerintah pada Selasa (21/2/2012).

Bongkahan besar es yang mencair yang terlepas di Sungai Danune di dekat ibu kota Serbia, Beograd, merusak ratusan perahu, rakit, serta bangunan lain di sepanjang pantai sungai tersebut dalam beberapa hari belakangan.

Sementara itu, kondisi siaga banjir telah diumumkan di daerah dataran rendah di sepanjang Sungai Danube atau anak sungainya. Awak pertolongan darurat berusaha menyelamatkan tempat penampungan air dan bendungan dari es yang bertumpuk.

Direktur Pengairan di Kementerian Pertanian Serbia Aleksandar Prodanovic mengatakan, saat es yang terlepas di sungai melewati Serbia, sementara bongkahan es akan terus menghalangi aliran sungai selama empat atau lima hari.

Di Sarajevo, seorang pengemudi lolos dari luka parah pada Selasa ketika satu bongkahan besar es dan salju meluncur dari atap bangunan di daerah di pusat kota tersebut, demikian laporan Xinhua. Petugas pertolongan menggunakan tangan untuk menarik pengemudi dari kendaraan yang telah rusak total.

Di Montenegro, yang masih berada dalam kondisi darurat akibat diguyur salju tebal dalam enam dasawarsa, para pejabat memperingatkan mengenai kemungkinan salju longsor dan atap ambruk saat cuaca hangat mulai tiba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com