Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi Lapas Kerobokan Sudah Kondusif

Kompas.com - 22/02/2012, 07:56 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Setelah lebih dari enam jam mencekam akibat aksi kerusuhan dan pembakaran yang dilakukan para napi, aparat kepolisian dibantu TNI akhirnya bisa mengamankan situasi di Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Denpasar, Bali.

Kapolda Bali Inspektur Jenderal Totoy Herawan Indra beserta jajaran pejabat Polda Bali turun langsung ke lokasi untuk berdialog dengan para napi. Aparat kepolisian berjaga di dalam maupun di luar lapas.

”Situasi sekarang sudah kondusif,” kata Totoy Herawan Indra, Rabu (22/2/2012), saat ditemui Kompas.com di lokasi.

Ia mengatakan, hingga saat ini kepolisian menahan tiga orang narapidana. Mereka terpaksa ditembak aparat dengan peluru karet karena mencoba melawan. Masing-masing bernama Romi, Supriyanto, dan Nyoman Tirtayasa. Romi dan Supriyanto ditembak di kaki, sedangkan Nyoman ditembak di tangan. Ketiganya telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Selain itu, polisi juga telah menyita sejumlah senjata dan amunisi yang digunakan para napi dalam kerusuhan tersebut. Hasil pantauan Kompas.com, ada 10 senjata laras panjang, dua senjata laras pendek, detektor logam, dan lebih dari tiga dus amunisi yang dibawa aparat keluar lapas.

Para napi melakukan pembakaran di dalam lapas sejak sekitar pukul 00.00 WITA. Petugas baru dapat memadamkan api setelah tiga mobil pemadam kebakaran dan dua water canon dikerahkan. Lebih dari tiga jam si jago merah baru bisa dijinakkan dan polisi langsung mensterilkan lokasi dengan memasang garis polisi di area lapas. Kemudian aparat kepoilsian menerobos masuk ke dalam lapas untuk mengamankan situasi di dalam mulai pukul 06.50 WITA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com