Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Berharap Turap Hek Segera Diperbaiki

Kompas.com - 22/02/2012, 05:11 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Timur mengusulkan kepada Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta agar memperbaiki turap Kalibaru, tepatnya pintu air Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur. Hal tersebut dikatakan Kasi Pemeliharaan Sudin PU Tata Air Jakarta Timur, Sunarto.

Pasalnya sejak dua tahun lalu, turap sepanjang dua meter dengan tebal 40 sentimeter ini dijebol warga, namun hingga kini belum diperbaiki. Turap tersebut hanya ditutup menggunakan sejumlah karung berisi pasir. Akibatnya, setiap hujan deras, air Kalibaru meluap ke Jalan Raya Bogor, tepatnya di pertigaan Hek.

"Kami sudah usulkan ke Dinas PU DKI agar turap yang jebol itu diperbaiki karena memang itu kewenangan dinas. Kita juga khawatir kalau turap itu sudah diperbaiki nanti dijebol warga lain. Hendaknya warga juga turut menjaga fasilitas umum tersebut," ujarnya kepada wartawan, Selasa (21/2/2012).

Sementara Ketua RT 01 RW 01, Kelurahan Tengah, Syamsudin Mohamad, mengatakan, sebelum jebol, turap tersebut retak dihantam debit air yang tinggi. Akhirnya turap itu dijebol karena rumah warga sering tergenang banjir setiap air kali meluap.

Ia berharap, turap di kali tersebut ditinggikan lagi dari yang ada sekarang hanya tingginya satu meter dari permukaan air. Jumlah rumah yang tergenang mencapai 196 unit.

"Minimal turap itu ditinggikan lagi sekitar 40 sentimeter. Karena setiap air kali meluap, warga kami sudah was-was, khawatir kebanjiran lagi," tukasnya. Warga juga berharap, jembatan yang ada di lingkungannya ditinggikan, sehingga air tidak mudah meluber saat tersumbat sampah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com