Richard Pattiselanno Terkenang Aksi Bubi Chen

Kompas.com - 21/02/2012, 10:04 WIB

BELANDA, KOMPAS.com -- “Om Bubi”, demikian Richard Pattiselanno (65), pemusik Jazz Indonesia yang tinggal di Belanda, memanggil almarhum Bubi Chen. “Dia raja pemain piano di Asia,” ujarnya.

Richard Pattiselanno adalah gitaris piawai. Walaupun usia sudah lanjut, dia masih suka manggung di seantero Belanda. Richard juga masih sering manggung di hajatan musik jazz kelas dunia di Indonesia, seperti  Java Jazz Festival.

Di kesempatan itulah, Richard sering bertemu sang maestro Bubi Chen. “Kita manggil dia Om Bubi, soalnya kan lebih tua,” tutur Richard kepada Radio Nederland.

Java Jazz
Richard mengaku sudah kenal “Om Bubi” sejak kecil. Kakaknya, Ronny, pernah satu band dengan Bubi Chen. “Waktu itu mereka masih remaja,” kenang Richard.


Richard terakhir kali bertemu Bubi Chen salah satu acara jazz di Surabaya, setelah pentas di Java Jazz Festival 2008 di Jakarta. “Om Bubi bilang, ‘Rich, kamu main di Surabaya, nanti saya lihat.’ Om Bubi memang datang ke Surabaya, lihat saya main. Dia bilang, ‘Wah saya benar-benar senang melihat kamu main’,” ujar Richard menirukan ucapan Bubi kala itu.

Ketika mendengar kabar wafatnya Bubi Chen pada 16 Februari 2012, di usia 74 tahun, Richard mengaku sangat sedih. “Om Bubi membuka jalan untuk musisi Indonesia. Dia pemain piano hebat dari Asia, bukan Indonesia saja. He is the king of the piano players from Asia (Raja pemain piano di Asia).”

Di mata Richard, Bubi Chen bukan hanya pemain jazz. Kenangan saat melihat aksi Bubi di Surabaya, membuat Richard terkenang-kenang aksi Si Om.  “Waktu saya masih muda, saya melihat dia main musik klasik di Balai Pemuda, Surabaya. Wah, (kejadian) itu saya nggak bisa lupa lagi.”

North Sea Jazz
Semasa hidupnya, Bubi Chen beberapa kali diundang tampil di acara jazz di Belanda, North Sea Jazz Festival. Setiap kali musisi Indonesia datang ke festival besar ini, Richard dan kakaknya lah yang mengurus alat-alat musik bagi mereka.

“Sepupu saya, Oele, Jacky dan Perry Pattiselanno dulu sering ke North Sea sini. Mereka main sama Om Bubi juga. Musisi dari Indonesia paling bagus. Orang Belanda saja kaget, orang Indonesia kok bisa main jazz kayak begini,” tutur Richard kepada Radio Nederland.

Sumber: radionetherlands.nl

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorEko Hendrawan Sofyan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X