Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kecelakaan Bus dalam Sehari, 28 Tewas

Kompas.com - 19/02/2012, 15:16 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com- Sepanjang hari Sabtu (18/2/2012) kemarin, tiga bus mengalami kecelakaan di wilayah selatan China dan menewaskan sedikitnya 28 orang. Peristiwa ini mengingatkan pada buruknya keselamatan jalan raya di negara itu.

Kantor berita Xinhua melaporkan, Minggu, kecelakaan dengan korban terbanyak terjadi di Provinsi Guizhou, setelah sebuah bus padat penumpang mengalami pecah ban. Bus pun selip dan terpental keluar dari jalan raya, menyebabkan 13 orang tewas dan 22 terluka.

Di provinsi tetangga, Yunan, di China barat daya, satu bus wisata yang mengangkut 37 penumpang terbalik di jalan yang terletak di kawasan pegunungan. Sembilan penumpang tewas dan 24 lainnya terluka dalam kecelakaan, yang terjadi dalam perjalanan dari kota Chuxiong menuju kota wisata Dali, itu. Di kawasan Guangxi, enam orang tewas saat bus yang mereka tumpangi bertabrakan dengan truk.

Jalanan di China disebut-sebut sebagai jalanan paling berbahaya di dunia, dengan peraturan lalu lintas dan keselamatan berkendara sering diabaikan.

Statistik kepolisian menyebutkan, 70.000 orang tewas dan 300.000 luka-luka setiap tahun akibat kecelakaan lalu lintas di China. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, jumlah korban sesungguhnya bisa dua kali lipat dari jumlah resmi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com