Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Kegempaan Naik, Status Merapi Tetap Normal

Kompas.com - 16/02/2012, 22:31 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Meskipun sepekan terakhir aktivitas kegempaan Gunung Merapi meningkat, status aktivitas Gunung Merapi diperkirakan tetap normal. Karena itu, warga di sekitar lereng Merapi diimbau untuk tetap tenang.

Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandriyo mengemukakan, peningkatan aktivitas kegempaan Merapi terpantau dari munculnya gempa vulkanik dangkal sebanyak lima kali sehari dan gempa multifase antara 20 hingga 30 kali per hari. Pada Kamis (16/2/2012) pagi, Merapi menimbulkan gempa vulkanik dangkal dan gempa multifase secara beruntun.

"Sampai hari ini, kami belum ada rencana untuk meninjau kembali status. Ini baru gejala yang sangat awal dan barangkali perlu direspons secara proporsional. Tetapi, kalau ada perkembangan maka ada kemungkinan status ditinjau lagi," kata Subandriyo, Kamis, di Yogyakarta.

Berdasarkan sejarah, frekuensi letusan Merapi tercatat sangat variatif. Ada kalanya Merapi meletus dua tahun berturut-turut, seperti tahun 1997 dan 1998, tetapi ada kalanya juga Merapi tidak pernah meletus selama 18 tahun.

"Jika dirata-rata, periode letusan Merapi memang empat tahun sekali. Tapi, tidak bisa dipastikan frekuensinya akan teratur seperti itu. Frekuensinya sangat acak," kata Subandriyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com