Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Orang Idap HIV/AIDS di Kendal

Kompas.com - 16/02/2012, 13:11 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sejak tahun 2000 hingga akhir Januari 2012, jumlah pengidap virus HIV/AIDS di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah terdata mencapai 216 orang. Namun, yang rutin mengambil obat penyembuhan Virus tersebut, hanya 12 orang.

Mereka dapat mengambil obat tersebut di rumah akit umum dokter (RSUD) Suwondo, Kendal. Data itu diungkapkan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Agil Syahriar, Kamis (16/2/2012).

Syahrir menjelaskan, selain karena alasan malu, kemungkinan pengidap virus HIV/AIDS yang ada di Kabupaten Kendal sudah pindah ke luar kota. "Jumlah itu sekarang sudah bertambah. Karena di bulan Februari ini, kami menemukan ada 3 orang lagi yang positif mengidap virus HIV/AIDS," kata Syahrir.

Sementara itu, petugas dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Sri Anerusi, mengaku baru mengecek persediaan obat untuk pengidap virus HIV/AIDS di RSUD Suwondo, Kendal. Dalam pengecekannya diketahui, obat tersebut masih tersedia banyak dan tidak ada masalah.

Sri berharap, para penderita HIV/AIDS yang ada di Kabupaten Kendal, mau mengambil obat tersebut. "Obatnya kan gratis. Kenapa tidak mereka manfaatkan dengan baik," kata Sri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com