Jacksen: Persipura Butuh Mukjizat

Kompas.com - 16/02/2012, 09:41 WIB
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago menilai laga melawan Adelaide United dalam babak play-off Liga Champions Asia (LCA) adalah laga yang berat. Menurut pelatih asal Brazil itu, kurangnya persiapan akan sangat berpengaruh bagi performa anak asuhnya dalam pertandingan yang akan berlangsung hari ini di Stadion Hindsmarsh, Adelaide, pukul 19.30 waktu setempat.

Persipura mendarat di Adelaide hanya satu hari sebelum pertandingan dilaksanakan. Dalam pertandingan itu pula, Persipura terancam tidak akan diperkuat sejumlah pemain andalannya, dua bersaudara, Ortizan dan Boaz Solossa. Zah Rahan dan Bio Pauline juga dikabarkan baru tiba siang ini, karena harus mengurus visanya terlebih dahulu. Kondisi ini membuat Persipura tak berharap banyak.

"Karena secara logika, cuma sebuah mukjizat yang bisa membuat kami melewati ujian ini. Selain persiapan teknis yang mepet. Persoalan administrasi sehingga Zah Rahan, Bio, dan Ortiz tidak mengikuti tim sampai saat ini sangat mempengaruhi persiapan kami," kata Jacksen saat dihubungi, Rabu (15/2/2012) malam.

Menurutnya, pertandingan itu hanya akan dijadikan ajang mengasah kemampuan Persipura di ajang Internasional. Mereka berusaha memaksimalkan kondisi-kondisi yang minim ini untuk mendapatkan performa terbaik.

"Puji Tuhan semua berjalan dengan baik. Kami tidak ada latihan apapun selain melihat kondisi lapangan. Setelah tim tiba, mereka langsung mencoba lapangan," ujarnya.

Persipura sebelumnya tak didaftarkan konfederasi sepak bola Asia (AFC), karena lebih memilih berkompetisi di Indonesia Super League (ISL) yang dinilai ilegal oleh PSSI. Namun, hak mereka bisa kembali setelah badan arbitrase olahraga dunia (CAS) mengabulkan gugatan Persipura atas PSSI melalui putusan sela.

Tim pemenang pada laga ini nanti bakal merebut tiket tampil di babak penyisihan grup Liga Champions Asia. Hanya saja, jikapun menang atas Adelaide, Persipura belum bisa dipastikan tampil ke babak utama karena menunggu putusan final CAS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.