Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Santika Buka Hotel dan "Convention Center" di Medan

Kompas.com - 15/02/2012, 21:48 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan resmi dibuka pada Rabu (15/2/2012) di Medan, Sumatera Utara. Hotel dalam naungan Grup Santika Indonesia Hotel & Resorts tersebut diklaim memiliki ballroom dan convention center terbesar di Kota Medan.

Hotel dengan konsep penggabungan hotel dan convention center ini merupakan hotel ke-43 dari Grup Santika Indonesia. Hotel bintang empat tersebut terletak di Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7.

Agung Adiprasetyo selaku CEO Kompas Gramedia sekaligus Direktur Utama PT Grahawita Santika yang menaungi jaringan hotel tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa bila dilihat dari tingkat hunian hotel berbintang di Medan tahun 2011 rata-rata 42,8 persen. Sementara tamu asal Indonesia, lanjutnya, rata-rata menginap di Medan 1,43 hari. Sedangkan tamu asing menginap sekitar 1,89 hari.

Angka tersebut, ungkapnya, memang di bawah angka rata-rata hunian dan lama menginap di beberapa kota lainnya. Tetapi, karena Kompas Gramedia termasuk lembaga yang optimistis dan melihat Kota Medan dengan sikap optimistis, justru angka tersebut memberi harapan terhadap potensi pertumbuhan yang lebih besar. Perusahaan memutuskan tidak hanya membangun hotel, tetapi sekaligus tempat konvensi dan toko buku.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar menuturkan, Medan International Convention Center yang berada di Santika Premiere Dyandra tersebut dapat digunakan untuk event internasional. Perhelatan internasional pertama yang akan digelar di sana adalah acara Indonesia Corporate Meeting & Incentive Travel Mart (ICMITM) yang akan digelar bulan Mei 2012.

Sapta menjelaskan, ajang ICMITM tersebut akan mendatangkan buyer dari luar negeri sehingga Medan merupakan kota yang sangat potensial untuk tujuan meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) karena MICE merupakan penggerak pariwisata. Selain itu, Medan sangat berkembang dari sisi kuliner dan mampu menciptakan makanan khas yang menarik pengunjung untuk datang ke Kota Medan.

Pembukaan Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan juga dihadiri oleh Plt Gubernur H Gatot Pujo Nugroho, ST; Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap, MM; Direktur PT Graha Santika Dyandra, Danny Budiharto; kepala DPRD Sumatera Utara dan kepala DPRD Medan, serta tamu-tamu undangan dari berbagai  kalangan.

Santika Premiere Dyandra Medan memiliki 324 kamar yang dilengkapi dengan kecepatan tinggi koneksi internet, LCD TV, coffee and tea maker, minibar, safe deposit box, dan berbagai pilihan saluran TV kabel. Fasilitas hotel salah satunya dilengkapi dengan Medan International Convention Center (MICC) berupa hall dengan luas 2.100 meter persegi, ballroom yang berkapasitas hingga 1.200 orang, dan 8 buah meeting room.

Dengan fasilitas tersebut, hotel ini cocok dijadikan tempat melaksanakan acara pernikahan, pameran, pertemuan, dan acara-acara besar lainnya. Harga kamar selama promo pembukaan hotel mulai dari Rp 490.000 (nett) berlaku hingga tanggal 21 Maret 2012.

Selain pembukaan hotel, dilaksanakan pula pameran otomotif yang pertama kali diadakan di Kota Medan. Pameran ini akan berlangsung pada tanggal 15-19 Februari 2012 yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo. Pameran ini akan menghadirkan 16 merek kendaraan dari lebih dari 10 agen pemegang merek (APM) ternama dalam industri otomotif Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com