Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

26 Persen Penghuni Lokalisasi di Kaliwungu Idap IMS

Kompas.com - 15/02/2012, 03:12 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com — Sekitar 26 persen dari 300 pekerja seks komersial (PSK) yang ada di Mlaten Atas, Desa Sumberejo, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, positif mengidap Infeksi Menular Seksual (IMS). Penyebaran penyakit ini bisa diakibatkan beberapa faktor, di antaranya bawaan dari PSK ataupun kurang kesadaran lelaki hidung belang dalam menggunakan kondom.

Menurut Ketua Resos Mlaten Atas Kaliwungu Kasmadi, sebenarnya pengurus lokalisasi telah melakukan pemeriksaan rutin kepada PSK penghuni lokalisasi. Namun, masih banyak yang tidak mau memeriksakan kesehatannya. Sampai saat ini belum ada sanksi tegas kepada anak asuh yang tidak melakukan pemeriksaan rutin. "Selama tiga bulan terakhir, penghuni lokalisasi yang baru mencapai 20 orang," kata Kasmadi, Selasa (14/2/2012).

Dalam pertemuan tiga resos, yakni Mlaten Atas, Rowosari Semarang, dan Argorejo Semarang, diketahui eksodus PSK dari wilayah Penundan, Batang, Jawa Tengah, menjadi penyebab utama. "Kedatangan PSK dari Penundan Batang sudah dipastikan membawa penyakit IMS. Dari 32 PSK yang masuk di Argorejo Semarang, 29 di antaranya positif IMS," kata Handoko, Ketua Resos Argorejo Semarang.

Sementara itu, Gito, salah satu pengurus Resos Mlaten, mengajak kepada semua pihak terutama musyawarah pimpinan Kecamatan Kaliwungu untuk terus melakukan pantauan kepada PSK. Terutama sekali kepada PSK yang indekos di rumah penduduk yang ada di luar kompleks. "Bisa saja mereka menerima tamu dari luar dan tamu itu mengidap penyakit," kata Gito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com