Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Jatim: Kenapa Sumber Kencono Terus Kecelakaan?

Kompas.com - 09/02/2012, 22:12 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Terjadinya kembali kecelakaan yang menimpa bus Sumber Kencono di Jl Raya Karangrejo, Magetan, Jawa Timur disikapi serius oleh Wagub Jatim Saifullah Yusuf. Wagub Jatim merasa kesal dengan bus Sumber Kencono yang pada kecelakaan ini merenggut dua nyawa.

Wagub mengatakan, kecelakaan memang merupakan suatu musibah yang tidak bisa dihindari. Setiap pengguna jalan pun bisa mengalaminya. “Kecelakaan memang banyak, tapi kenapa bus Sumber Kencono terus-terusan terlibat kecelakaan? Ini tidak boleh terjadi,” kata Saifullah Yusuf di Surabaya, Kamis (9/2/2012).

Pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini meminta, harus ada tindakan tegas terhadap bus Sumber Kencono. Selama ini belum ada tindakan tegas dari pemerintah pusat.

“Kalau tidak ada tindakan tegas, maka kecelakaan yang melibatkan bus Sumber Kencono terus berulang-ulang. Kalau tidak bisa dihentikan, maka yang dirugikan adalah masyarakat atau penumpang,” jelas Gus Ipul.

Mantan Ketua Umum GP Ansor ini mengaku prihatin seringnya bus Sumber Kencono kecelakaan di jalanan Jatim. Apalagi, setiap kecelakaan memakan korban meninggal dunia.

Pemprov Jatim, kata Gus Ipul tidak bisa berbuat apa-apa. Padahal, protes dan keluhan dari masyarakat Jatim terhadap seringnya kecelakaan bus Sumber Kencono kerap muncul.

Gus Ipun menegaskan, Pemprov Jatim kembali meminta supaya Kementerian Perhubungan secepatnya melakukan evaluasi dan audit terhadap keberadaan bus Sumber Kencono.

“Kan belum lama terjadi kecelakaan, ya audit harus dilakukan secara utuh dan menyeluruh. Mulai dari sisi manajemen, pemeliharaan, dan struktur penggajian karyawan dan sopirnya,” kata Gus Ipul. (Surya/Fatkul Alamy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com