Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI dan Polri Jaga Netralitas dalam Pilkada Aceh

Kompas.com - 08/02/2012, 10:20 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - TNI dan Polri menegaskan tetap menjaga netralitas, dalam pelaksanaan Pilkada Aceh yang akan digelar 9 April 2012.

Mengenai keterlibatan sejumlah purnawirawan TNI sebagai tim sukses pasangan calon kepala daerah yang akan ikut pilkada, itu adalah sikap pribadi.

Hal itu ditegaskan Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jenderal Adi Mulyono, sebelum rapat koordinasi tentang antisipasi situasi di Aceh menjelang pilkada di Markas Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Selasa (8/2/2012).

"Kami akan tetap berupaya untuk solid dalam penanganan pilkada, serta memegang teguh netralitas dalam pilkada yang akan datang," ujar Adi.

Dia mengakui, ada sejumlah purnawirawan TNI yang bergabung dalam beberapa partai politik yang terlibat pilkada, serta mendukung pasangan calon kepala daerah tertentu. Namun, keterlibatan mereka tak ada kaitannya dengan TNI maupun Polri.

"Beliau-beliau itu sudah tak di struktural lagi. Sikap beliau-beliau itu adalah pribadi, tak terkait dengan struktur di TNI," kata Adi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com