Pilkada Kalbar dan Singkawang Digelar Bersama - Kompas.com

Pilkada Kalbar dan Singkawang Digelar Bersama

Kompas.com - 07/02/2012, 12:43 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com — Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat, akan dilaksanakan bersama pada 20 September 2012. Pemilihan kepala daerah tersebut dilakukan bersamaan karena masa akhir jabatan satu dengan yang lainnya selisih kurang dari 90 hari.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Barat AR Muzammil mengatakan, jika harus dilanjutkan pada putaran kedua, pemilihan akan dilakukan pada 8 November 2012.

”Masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat akan berakhir 14 Januari 2013, sementara Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang akan berakhir 17 Desember 2012. Sesuai ketentuan, kedua pemilihan bisa dilakukan bersama,” ujar Muzammil, Selasa (7/2/2012), dalam jumpa pers mengenai tahapan pilkada Kalimantan Barat.

Biaya Pilkada Kalimantan Barat diperkirakan mencapai Rp 132 miliar pada putaran pertama. ”Sesuai kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, biaya untuk putaran kedua akan dialokasikan dalam Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kalimantan Barat 2012,” kata Muzammil.

Pada pilkada 2007 lalu, pasangan Cornelis dan Christiandy Sanjaya mengungguli calon pasangan lain dan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar saat ini.


EditorMarcus Suprihadi

Close Ads X