Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedinginan, Mahasiswa IAINJ Tewas di Gunung Argopuro

Kompas.com - 05/02/2012, 17:51 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Sesak nafas karena kedinginan, seorang mahasiswa pencinta alam meninggal saat melakukan pendakian di Gunung Argopuro, Situbondo. Mahasiswa itu adalah Zainul Arifin (22), pelajar Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nurul Jadid (IAINJ) Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Kepada wartawan, Sekretaris BPBD Yahya Maziun mengatakan, hingga kini pihaknya masih melakukan proses evakuasi. "Saya dan teman-teman Tagana juga akan bertolak. Karena korban dan teman-temannya masih ada di atas Gunung Argopuro," katanya, Minggu (5/2/2011) sore.

Keterangan yang dihimpun di lapangan menyebutkan, Zainul Arifin melakukan aktivitas pendakian bersama 13 rekannya sesama anggota Fatarpa, kelompok mahasiswa pencinta alam IAINJ Paiton Probolinggo. Zainul dan rombongan bertolak menuju Gunung Argopuro sejak hari Rabu (1/2/2012) lalu. Mereka mengawali pendakian melalui jalur Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo dan melintas menuju kawasan Sumbermalang, Situbondo.

Sayang, di tengah perjalanan Zainul Arifin yang berasal dari Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo tak kuat menahan suhu dingin. Suhu udara dingin membuatnya mengalami sesak nafas. Rekan-rekannya sudah berusaha memberinya pertolongan, tapi nyawa Zainul Arifin tetap saja tidak bisa diselamatkan. "Informasinya korban meninggal dunia Sabtu (4/2/2012) sore, setelah mengalami sesak nafas," ujar Andi Sirajuddin, yang tinggal di kawasan Ponpes Nurul Jadid, Tanjung, Sumberanyar, Paiton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com