Kedinginan, Mahasiswa IAINJ Tewas di Gunung Argopuro

Kompas.com - 05/02/2012, 17:51 WIB
Penulis Ahmad Faisol
|
EditorGlori K. Wadrianto

SITUBONDO, KOMPAS.com - Sesak nafas karena kedinginan, seorang mahasiswa pencinta alam meninggal saat melakukan pendakian di Gunung Argopuro, Situbondo. Mahasiswa itu adalah Zainul Arifin (22), pelajar Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nurul Jadid (IAINJ) Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Kepada wartawan, Sekretaris BPBD Yahya Maziun mengatakan, hingga kini pihaknya masih melakukan proses evakuasi. "Saya dan teman-teman Tagana juga akan bertolak. Karena korban dan teman-temannya masih ada di atas Gunung Argopuro," katanya, Minggu (5/2/2011) sore.

Keterangan yang dihimpun di lapangan menyebutkan, Zainul Arifin melakukan aktivitas pendakian bersama 13 rekannya sesama anggota Fatarpa, kelompok mahasiswa pencinta alam IAINJ Paiton Probolinggo. Zainul dan rombongan bertolak menuju Gunung Argopuro sejak hari Rabu (1/2/2012) lalu. Mereka mengawali pendakian melalui jalur Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo dan melintas menuju kawasan Sumbermalang, Situbondo.

Sayang, di tengah perjalanan Zainul Arifin yang berasal dari Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo tak kuat menahan suhu dingin. Suhu udara dingin membuatnya mengalami sesak nafas. Rekan-rekannya sudah berusaha memberinya pertolongan, tapi nyawa Zainul Arifin tetap saja tidak bisa diselamatkan. "Informasinya korban meninggal dunia Sabtu (4/2/2012) sore, setelah mengalami sesak nafas," ujar Andi Sirajuddin, yang tinggal di kawasan Ponpes Nurul Jadid, Tanjung, Sumberanyar, Paiton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.