Ditetapkan Tersangka, Angelina Batal Umrah

Kompas.com - 03/02/2012, 16:34 WIB
Penulis Hindra Liu
|
EditorPepih Nugraha

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Badan Anggaran DPR, Angelina Sondakh, terpaksa mengurungkan niatnya untuk menjalankan ibadah umrah seiring langkah Komisi Pemberantasan Korupsi yang menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan suap wisma atlet 2011 sejak Jumat (3/2/2012). Padahal, Angelina mengaku telah lama berencana melakukan umrah.

"Sepertinya rencana ini belum bisa dijalankan," ujar Angelina melalui siaran pers yang diedarkan oleh anggota Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Kahfi Siregar, Jumat. Kendati demikian, Angelina, yang juga Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, mengatakan menghormati keputusan KPK.

"Sebagai warga negara yang taat hukum, saya menghormati keputusan KPK. Saya sangat berharap semua pihak tetap menjunjung dan menghormati asas praduga tidak bersalah," kata Angelina.

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, KPK telah meminta Kementerian Hukum dan HAM mencegah Angelina bepergian ke luar negeri. Direktorat Jenderal Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM kemudian menerbitkan surat cegah terhadap Angelina yang berlaku sejak satu tahun. Pencegahan berlaku sejak Jumat ini.

Selain Angelina, Kementerian Hukum dan HAM juga menerbitkan surat cegah terhadap anggota DPR I Wayan Koster yang juga diduga terlibat dalam kasus dugaan suap tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.