Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Lukis Kaligrafi di Atas 1001 Cobek

Kompas.com - 03/02/2012, 16:31 WIB
Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com -  Suasana MTsN Bangil menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berbeda dengan hari-hari biasa. Berbagai kegiatan keagamaan digelar hari ini, Jumat (3/2/2012). Salahsatunya, lomba membuat kaligrafi di atas cobek yang diikuti sebanyak 1013 siswa, dari kelas VII, kelas VIII dan kelas IX.

Dengan mengambil tema Cinta Muhammad, sebanyak 1001 cobek kaligrafi bertuliskan Muhammad dituangkan di atas cobek. Hasilnya pun menarik untuk dilihat. Berbagai hasil karya seni lukis, mulai dari berbahan cat air, cat minyak, guratan pensil hingga lukis tempel terlihat dalam acara ini.

Membuat lukisan di atas cobek terasa lebih sulit. Setidaknya itulah pengakuan dari beberapa siswa peserta acara. Mereka umumnya mengatakan, bahan-bahan pewarna harus benar-benar disesuaikan. "Apalagi jika ditambahkan guratan-guratan pada sisi luar cobek dengan kertas atau biji-biji buah, butuh waktu dua hingga tiga hari untuk menyelesaikannya," ujar Ifa Nur Cahyani, ujar siswa kelas IX.

Sementara itu, pihak sekolah yang diwakili oleh guru bidang kesenian, Toni Ja'far mengaku sengaja memilih media cobek.Ia mengatakan, benda kerajinan gerabah itu sudah dikenal oleh warga setempat, terlebih dalam perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. "Lebih-lebih sekarang sekarang banyak orang memilih tempat hidangan berbahan plastik," ujarnya.

Setelah lomba, rencananya gambar-gambar di atas cobek itu akan dipajang di dalam ruang kela. "Ini sekaligus dapat menghiasi dinding ruang kelas," kata Toni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com