Ribuan Nelayan Kendal Menganggur

Kompas.com - 02/02/2012, 15:53 WIB
|
EditorTri Wahono

KENDAL, KOMPAS.com - Ombak besar selama beberapa hari terakhir membuat ribuan nelayan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah menjadi pengangguran. Selama tidak melaut, para nelayan tersebut, sebagian membantu istrinya berjualan, sebagian lagi bekerja serabutan. Bila kebutuhan hidup rumah tangga tidak terpenuhi, mereka menggadaikan barang-barang berharga.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kendal, Zaenal Arifin menegaskan, jumlah nelayan yang ada di Kabupaten Kendal sekitar 10.981 orang. Namun, nelayan yang melaut hanya sekitar 25 persennya saja. Mereka pun hanya mencari tangkapan udang dan rajungan.

"Kalau jumlah perahunya ada sekitar 600 perahu. Tapi yang berangkat hanya sekitar 150 perahu. Itu pun tidak berani ke tengah," kata Zaenal, Kamis (2/2/2012).

Ia menambahkan, ombak besar melanda perairan Kendal sejak bulan Desember tahun lalu. Ombak diperkirakan mulai normal kembali pada bulan Maret nanti.

Salah satu nelayan Bandengan Kendal, Sutikno, mengaku kalau dirinya sudah menjadi pengangguran sejak bulan Desember 2011. Selama tidak melaut, dirinya hanya memperbaiki jala dan perahu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X