KIP Perintahkan Pendataan Calon Pemilih Tambahan

Kompas.com - 02/02/2012, 14:54 WIB
EditorMarcus Suprihadi

BANDA ACEH, KOMPAS.com- Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupate Aceh Selatan telah mengintruksikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk melakukan pendataan terhadap pemilih tambahan.

"Kami sudah megintruksikan PPK untuk mendata pemilih tambahan pascakeputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menetapkan pemilihan gubernur/wakil gubernur serta 17 bupati/walikota pada 9 April 2012," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pilkada KIP Aceh Selatan Jasmiady Djakfar di Banda Aceh, Kamis (2/2/2012).

Ia meminta PPK mendata warga yang berusia 17 tahun per 9 April 2012. "Pendataan ulang pemilih sesuai dengan keputusan KIP Provinsi Aceh nomor 31/2012 tentang perubahan kelima jadwal pilkada gubernur/wakil gubernur dan 17 bupati/wakil bupati serta wali kota/wakil wali kota," kata Komisioner KIP Aceh Selatan itu.

Didampingi Ketua Pokja pantarlih Irwandi, ia mengatakan, KIP Aceh Selatan sebelumnya telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 147.624 jiwa. DPT itu terdiri dari 75.941 pemilih perempuan dan 71.683 laki-laki yang akan memberikan hak suaranya di 391 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 16 kecamatan di daerah penghasil pala itu.

"Kami mempredikasi akan ada penambahan pemilih tambahan sekitar 2.000 atau satu persen dari jumlah DPT yang telah ditetapkan," katanya menambahkan.

Selain mempersiapakan pendataan pemilih tambahan, lembaga penyelenggara pilkada itu juga melakukan berbagai sosialisasi tahapan dan teknis pelaksanaan pilkada agar berjalan lancar dan sukses. KIP juga telah menyiapkkan kotak suara dan bilik suara untuk didistribusikan ke seluruh TPS di daerah itu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X