Pilkada Aceh Dipastikan Tetap Digelar 9 April

Kompas.com - 01/02/2012, 02:58 WIB
Editor

Banda Aceh, Kompas - Komisi Independen Pemilihan Aceh memutuskan pelaksanaan hari pemungutan suara pemilihan umum kepala daerah pada 9 April 2012. Keputusan ini merupakan tindak lanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi, Jumat (27/1), yang memerintahkan KIP menggelar pemungutan suara selambat-lambatnya pada tanggal tersebut.

Anggota Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Yarwin Adi Darma, Senin (30/1), mengungkapkan, keputusan penggeseran menjadi 9 April 2012 itu telah dituangkan dalam Surat Keputusan KIP Nomor 31 Tahun 2012 tentang Perubahan Kelima atas SK KIP Nomor 1 Tahun 2011.

”Jadwal ini kami putuskan atas berbagai pertimbangan dan keputusan KIP kabupaten dan kota, yang mana juga ditampung dalam keputusan MK yang menyarankan selambat-lambatnya 9 April 2012,” kata Yarwin.

Pergeseran jadwal dari 16 Februari 2012 menjadi 9 April 2012, lanjut Yarwin, didasarkan pada sejumlah alasan. Salah satunya adalah laporan dari KIP Pidie yang mengatakan mereka belum menyiapkan kebutuhan logistik dan verifikasi calon perseorangan. Hal ini karena KIP Pidie sempat menghentikan tahapan pilkada menyusul penolakan pencairan dana operasional pilkada oleh pemerintah kabupaten setempat.

Alasan lainnya, ada beberapa KIP kabupaten dan kota yang sudah menerima pendaftaran bakal calon perseorangan.

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan, tak ada alasan bagi KIP untuk memilih tanggal 9 April sebagai jadwal pemungutan suara. Pasalnya, calon perseorangan untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Aceh sudah gugur.

Penentuan jadwal pemungutan suara di KIP Aceh pada Senin lalu diwarnai unjuk rasa. (HAN)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X