Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menonton Erupsi Gunung Lokon

Kompas.com - 25/01/2012, 11:42 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Gunung Lokon menunjukkan kekuatannya saat erupsi di pertengahan tahun lalu. Kala itu, semburat api keluar dari gunung. Di saat tenang, gunung tersebut biasa menerima tamu para pendaki-pendaki yang ingin menjelajahi keelokan gunung.

Apakah saat erupsi, wisatawan berkurang? Ternyata sebaliknya, wisatawan tetap datang untuk melihat aksi Gunung Lokon saat erupsi. Kini, gunung tersebut masih aktif dan mengeluarkan isi perutnya.

Gunung Lokon pun masih tertutup bagi para wisatawan yang ingin mendaki. Namun, bukan berarti Anda yang berkunjung ke Tomohon, Sulawesi Utara, tak dapat menyaksikan keindahan Gunung Lokon tersebut.

Arahkan kendaraan Anda ke Lokon Boutique Resort yang terletak di Kakaskasen I, Tomohon Utara. Lokon Boutique Resort adalah penginapan yang cukup terkenal di kota ini. Oleh karena itu, sangat mudah untuk menemukan resor tersebut. Apalagi di tahun 1995, resor ini pernah dikunjungi Ratu Beatrix dari Belanda.

Walaupun Anda tidak berniat menginap di resor ini, Anda tetap dapat berkunjung untuk melihat Gunung Lokon. Ya, dari hotel ini Gunung Lokon tampak jelas terlihat. Seakan begitu dekat dan tergapai tangan. Padahal kenyataannya begitu jauh.

Cukup berjalan ke arah lapangan rumput yang luas di tengah resor, maka Gunung Lokon akan tampak jelas di depan mata. Segala materi letusan yang dikeluarkan gunung pun terlihat.

Anda akan melihat keunikan erupsi Gunung Lokon yang bukan berasal dari puncak gunung, melainkan punggung gunung. Seakan kawah seperti menempel di samping gunung.

Menurut David, seorang pemandu wisata yang biasa mengantar pendaki ke Gunung Lokon, gunung tersebut sebenarnya sering meletus. ”Biasanya bareng meletusnya dengan Gunung Mahawu yang ada di dekat sini. Tapi tahun lalu Mahawu tidak meletus. Semoga tidak ya,” katanya.

Ia menuturkan beberapa wisatawan saat Gunung Lokon meletus banyak yang nekat ingin tetap mendaki gunung tersebut. ”Saya tak beranilah. Gunung Lokon masih tutup untuk pendaki. Paling saya ajak saja ke resor ini untuk melihat Gunung Lokon. Banyak yang foto-foto di sini,” tuturnya.

Ya, sangat menarik melihat semburan Gunung Lokon. Bukan sekadar untuk berfoto saja, ada perasaan mendalam saat melihat langsung kekuatan alam yang dashyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com