Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Naga Akan Ramaikan Pontianak

Kompas.com - 21/01/2012, 15:12 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Panitia Cap Go Meh Kota Pontianak menyiapkan tujuh replika naga, yang akan ditampilkan mulai upacara buka mata sampai puncak perayaan Cap Go Meh.

Panitia juga mengajak komunitas lain untuk menampilkan tradisi mereka dalam Pawai Cap Go Meh.

Wakil Ketua Panitia Cap Go Meh Kota Pontianak, Buyung Bunadi, Sabtu (21/1/2012), mengatakan, Festival Cap Go Meh tidak akan dimonopoli oleh tradisi dan kebudayaan Thionghoa.

"Semua kelompok masyarakat di Pontianak yang memiliki keragaman tradisi sudah kami undang untuk terlibat. Kalau ada yang belum menerima undangan, kami sekaligus mengundangnya melalui media massa agar bisa terlibat. Ini bentuk nyata kami mendukung keragaman budaya di Pontianak dan Kalimantan Barat secara umum," kata Buyung.

Rencananya, upacara buka mata naga akan dilakukan pada 4 Februari mendatang di Kelenteng Jalan Diponegoro. Puncak Festival Cap Go Meh Kota Pontianak akan dilakukan pada 6 Februari.

Arak-arakan replika naga yang bisa mencapai sekitar 30 meter per replika, merupakan acara yang ditunggu-tunggu wisatawan dan masyarakat Pontianak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com