Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembak di Aceh Belum Terungkap, Mabes Polri Turun Tangan

Kompas.com - 19/01/2012, 13:50 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Polisi RI Jenderal Timur Pradopo menyatakan Markas Besar Polri membuat tim untuk membantu Polda Aceh mengungkap pelaku penembakan misterius di Aceh. Tim tersebut akan membantu proses olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan saksi di Aceh.

Namun, Kapolri tak menyebutkan secara spesifik jumlah personil yang membantu penyelidikan tersebut. "Kita buat tim kemudian membantu Aceh. Artinya membantu petugas kita di sana. Polri berusaha sekeras-kerasnya untuk bagaimana itu secepatnya diungkap," ujar Kapolri di Gedung Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis (19/1/2012).

Kapolri menyatakan, hingga saat ini proyektil yang digunakan oleh penembak belum selesai diteliti dalam proses uji balistik. Sehingga belum diketahui jenis senjata yang dipakai oleh para pelaku penembakan. "Sekali lagi kita masih menunggu hasil yang utuh dari proses penyelidikan ya. Itu (proyektil) masih dalam pemeriksaan di laboratorium," tuturnya.

Seperti yang diberitakan, sejak Desember 2011 hingga Januari 2012 telah terjadi enam peristiwa penembakan di Aceh dengan target yang tak terpola. Hingga saat ini kepolisian belum mengungkap motif para pelaku penembakan. Kasus kejahatan dengan senjata api di Aceh berdasarkan data di Kepolisian Daerah Aceh, sepanjang 2011, terjadi 46 kali. Dari jumlah kasus itu, tercatat 16 orang tewas. Namun, dari 46 kasus itu, baru 24 kasus yang terungkap. Sebanyak 37 orang ditangkap. Polisi sejauh ini menyita 17 senjata api, 40 granat, 250 peluru, 4 sepeda motor, dan 4 mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com