Gubernur Papua Barat Octovianus Atururi Dilantik

Kompas.com - 17/01/2012, 08:48 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

MANOKWARI, KOMPAS.com - Octovianus Atururi-Rahimin Katjong akhirnya dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat terpilih oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Manokwari.

Harapan muncul, kekuasaan periode kedua pasangan ini di Papua Barat diharapkan memberi ruang dan kesempatan bagi aspirasi warga.

"Kami berharap Bram-Katjong ini mau duduk bersama dengan semua komponen perjuangan Papua yang ada di Manokwari dan mendengar apa yang menjadi keinginan dan harapan serta aspirasi mayoritas Orang-orang asli Papua selama ini," ungkap Yan Christian Warinussy, Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Selasa, dihubungi di Manokwari.

Ia mengatakan hal ini penting agar Gubernur dan Wakil Gubernur sebagai Pimpinan Daerah juga dapat mengetahui secara pasti alasan orang Papua selalu berteriak minta referendum, atau pengakuan kedaulatan sebagai bangsa merdeka bahkan desakan agar diselenggarakannya Dialog Papua-Indonesia selama ini.

Dengan demikian, Gubernur dan Wakil Gubernur dapat ikut terlibat secara aktif dalam mendorong segenap upaya positif yang bisa dilakukan oleh pemerintah di daerah ini guna menyikapi dan mencari cara-cara penyelesaian yang baik terhadap berbagai persoalan mendasar yang menjadi akar masalah tersebut bersama mayoritas rakyat di Tanah Papua ke depan.

"Menurut pendapat saya, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat hendaknya mengambil prakarsa pertama dalam mendekati komponen perjuangan Papua tersebut melalui Ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay Barnabas Mandacan agar tidak lagi selalu muncul pemahaman bahwa mereka ini adalah kelompok yang tidak pro atau kontra NKRI dan sebagainya," cetus Ketua Peradin DPP Papua Barat ini.

Ia sangat yakin dukungan mayoritas rakyat Papua terhadap kepemimpinan pasangan ini akan makin kuat, jika tawaran ini dapat dicermati dan dilakukan demi kepentingan rakyat Papua selama periode kepemimpinan Kepala Daerah Papua Barat 5 tahun ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.