Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perajin Ukir Jepara Kebanjiran Pesanan Patung

Kompas.com - 17/01/2012, 04:45 WIB

JEPARA, KOMPAS - Memasuki tahun baru Imlek, perajin ukir di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menerima banyak pesanan ukir-ukiran bernuansa China. Pesanan itu datang dari pasar lokal dalam negeri dan internasional, seperti Malaysia dan China.

Aneka ukiran khas Negeri Tirai Bambu itu antara lain beberbentuk naga, kilin, dewa-dewi, Buddha, dan meja sembahyang. Harganya mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 140 juta. Sebagian besar pemesan meminta dibuatkan meja sembahyang China berukir naga dan patung naga mengingat tahun 2012 adalah tahun naga air.

Pemilik UD Rahayu Jati, Rochani Hadi, Senin (16/1), mengatakan bahwa pada hari-hari biasa pesanan mebel ukir dan relief paling hanya 1-3 buah dalam sebulan. Namun, memasuki bulan pertama menjelang Imlek ini pesanan meningkat menjadi 10 buah.

Pemesan kebanyakan meminta dibuatkan meja sembahyang khas China yang memadukan ukiran naga, kilin, dan motif bunga. Dari 10 pemesan, dua di antaranya berasal dari Malaysia.

”Meja sembahyang ukuran kecil dengan panjang 2 meter harganya Rp 7,5 juta, sedangkan ukuran besar dengan panjang 4 meter harganya Rp 9,5 juta,” kata Hadi.

Pemilik UD 69, Suniman (46), mengaku menerima pesanan dari pembeli China. Pemesan meminta dibuatkan patung ukir sembilan naga tiga dimensi setinggi 4,5 meter dan berdiameter 1,5 meter. Patung itu terbuat dari kayu pohon trembesi utuh yang dikerjakan lima pengukir.

Patung ukir senilai Rp 140 juta itu dibuat dalam tempo delapan bulan. ”Selain patung sembilan naga itu, kami juga membuat patung dewa-dewi dan kilin pesanan sejumlah wihara dari luar kota Jepara,” kata Suniman.

Harga kayu

Meskipun kebanjiran pesanan di awal tahun, para perajin mengeluh kesulitan mendapatkan bahan baku, terutama kayu jati, karena harganya cukup tinggi. Selain itu, mereka kesulitan memperoleh kayu jati gelondong berdiameter di atas 70 sentimeter.

Menurut Rochani Hadi, harga kayu jati berdiameter 30-40 sentimeter dengan panjang 2 meter harganya mencapai Rp 7 juta- Rp 8,5 juta. Padahal sebelumnya Rp 6 juta-Rp 7,5 juta. Adapun kayu jati berdiameter 70 cm dengan panjang 2 meter harganya Rp 19 juta. Sebelumnya, kayu jati seukuran itu harganya Rp 17 juta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com