Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hotel Disiapkan untuk Pelantikan Gubernur PB

Kompas.com - 15/01/2012, 13:49 WIB
Timbuktu Harthana

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com- Dua hotel di Manokwari telah disiapkan untuk para tamu yang akan menghadiri prosesi pelantikan gubernur dan wakil gubernur Papua Barat terpilih periode 2011-2016, Abraham O Atururi-Rahimin Katjong. Yakni Hotel Niu Aston dan Swissbell Hotel Manokwari.

Rencananya, pelantikan akan digelar di Ballroom Hotel Niu Aston, Selasa (17/1/2012) lusa pukul 10.00 WIT.

General Manager Niu Aston Hendra Surip, Minggu, menyatakan, selain ruang pertemuannya, 76 kamar juga disewa untuk menampung tamu undangan yang menginap. Tamu-tamu dari Jakarta, seperti Menteri Dalam Negeri Gemawan Fauzi dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Joko Suyanto, staf kedua kementerian itu, Polda Papua, Gubernu Papua, Panglima Kodam Cendrawasih, Kejaksaan Tinggi, dan Komandan AL Papua. Mulai H-1 atau Senin besok, semua kamar dan ruangan di hotel ini disterilkan.

"Semua kamar dipakai, dan semua karyawan hotel akan dikerahkan untuk acara pelantikan besok (lusa)," kata Surip.

Di Hotel Swissbell, tamu yang menginap adalah undangan dari kalangan bupati/wakil bupati kabupaten dan muspida di Papua Barat. Total kamar yang disiapkan, menurut Humas Swissbel Novi Cicilia, adalah 51 dari 92 kamar yang tersedia.

Untuk keamanan, tidak terlalu ketat seperti di Niu Aston, karena prosesi utama di hotel tersebut. "Sejumlah bupati sudah reservasi, seperti bupati dari Fakfak, Kaimana, dan Maybrat," kata Novi.

Diakui Sekretaris Daerah Papua Barat Marthen L Rumadas, dua hotel besar di Manokwari digunakan untuk kegiatan pelantikan gubernur terpilih. Keamanan di kedua hotel juga akan diperketat. Tapi berapa dana yang dikeluarkan untuk biaya akomodasi, Rumadas belum mau merincinya.

Pemprov Papua Barat juga menyewa pesawat untuk membawa Mendagri dan Menkkopolkam. Jenis pesawat disewa adalah Cessna. Lagi-lagi, dia belum mau menjelaskan berapa biaya sewa pesawat tersebut.

"Kami joint dengan Pemda Gorontalo untuk charter pesawat itu. Kami bayar yang dari Gorontalo ke Manokwari saja," tambah Rumadas.

Total dana pelantikan yang disiapkan Pemprov Papua Barat dalam APBD 2011 sebesar Rp 7 miliar. Dana itu diperuntuk-kan membiayai prosesi acara, akomodasi tamu undangan, dan pengamanan di seluruh kota Manokwari, termasuk biaya pergeseran pasukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com