Buruh "Outsourcing" Tuntut Kenaikan Upah

Kompas.com - 13/01/2012, 13:26 WIB
Penulis Adi Sucipto
|
EditorMarcus Suprihadi

GRESIK, KOMPAS.com Sekitar 150 buruh outsourcing yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia berunjuk rasa ke Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Jumat (13/1/2012).

Mereka menolak diskriminasi dan menuntut dihapuskannya outsourcing di Petrokimia Gresik. Mereka juga menuntut kenaikan upah 100 persen dan menolak pemutusan hubungan kerja sepihak.

Koordinator Aksi, Nasrullah, menyebutkan, upah yang diterima buruh dari perusahaaan outsourcing hanya Rp 48.000-Rp 52.000 per hari. Padahal, dari PT Petrokimia Rp 59.850 per hari atau ada potongan sekitar Rp 10.000 per hari per buruh.

"Paling tidak teman-teman sudah bekerja lima tahun, tetapi tidak ada kepastian kerja juga," tuturnya.

Selain itu, mereka mengeluhkan pembayaran Jamsostek yang tertunda lima bulan. "Klaim hanya diberikan 50 persen dan dicicil seminggu. Kami diperlakukan diskriminasi," ujar Nasrullah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.