Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merauke Kekurangan Penyuluh KB

Kompas.com - 09/01/2012, 17:11 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com - Kabupaten Merauke, Papua, kekurangan tenaga penyuluh lapangan keluarga berencana (PLKB). Padahal, keberadaan tenaga PLKB di kampung-kampung sangat dibutuhkan, untuk menyosialisasikan dan membangun pengertian kepada masyarakat pentingnya keluarga berencana.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Merauke, Albertina Mekiuw, di Merauke, Papua, Senin (9/1/2012), mengatakan, kantornya saat ini hanya memiliki 29 tenaga honorer PLKB.

Padahal idealnya diperlukan sebanyak 137 tenaga PLKB, untuk bertugas di 160 kampung dan 8 kelurahan serta di tingkat distrik di seluruh Merauke. "Keberadaan tenaga PLKB ini penting karena belum semua warga menyadari pentingnya keluarga berencana," katanya.

Ia menyatakan, saat ini ada salah pengertian di sebagian masyarakat kampung tentang KB, yang dimaknai sebagai program membatasi dan menghentikan kelahiran anak. Padahal KB lebih untuk mengatur jarak kelahiran, demi menjaga kesehatan anak dan ibu, serta membangun keluarga yang lebih terencana.

Albertina mengaku telah mengusulkan, pengangkatan tenaga PLKB kepada pemerintah pusat namun usulan tersebut tidak berhasil, karena pengangkatan CPNS PLKB harus tetap melalui formasi pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com