Imigran Gelap Kabur dari Rudenim

Kompas.com - 07/01/2012, 17:43 WIB
EditorKistyarini

PASURUAN, KOMPAS.com - Sejumlah imigran gelap asal Timur Tengah yang menjadi korban kapal tenggelam di perairan Prigi, Trenggalek yang dititipkan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Raci, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur, melarikan diri.

Kepala Rudenim Surabaya, Iwan Rustiawan yang dihubungi, Sabtu (7/1/2012),  menyebutkan, imigran gelap asal Timur Tengah yang sempat melarikan diri dari Rudenim Surabaya di Raci sebanyak 7 orang, tapi sebanyak 3 orang kemudian ditangkap kembali.

Ketiga imigran yang berhasil ditangkap kembali masing-masing, Mehdi Alizami (33) asal Iran, Mojtaba Mamipour (36) asal Iran, dan Abdulhakim Haidari (30) asal Afghanistan. Sedangkan keempat imigran yang belum tertangkap masing-masing, Noroz Yousefi (33), Yaser Naseri (29), Maziar Darvishi (27), dan Sadra Alami (27), yang semuanya berkebangsaan Iran.

Luky Hadiwiryanto, seorang petugas jaga menjelaskan, larinya imigran gelap dari Rudenim Surabaya di Raci diawali dengan kegaduhanyang sengaja dilakukan oleh sejumlah penghuni Rudenim.

Namun, saat petugas sedang konsentrasi mengamankan para imigran yang membuat onar, sejumlah imigran lainnya melarikan diri dengan melompat pagar dengan memanfaatkan kasur. Namun, tiga imigran yang sudah berada di luar Rudenim bisa langsung ditangkap kembali. Sedangkan empat orang lainnya sampai kini belum diketahui keberadaannya. Luky menyebutkan, kejadiannya Jumat malam (6/1/2012) sekitar pukul 19.00 WIB.

Iwan Rustiawan mengungkapkan, imigran gelap asal Iran yang dititipkan di Rudenim Surabaya di Raci selalu membikin ulah yang menimbulkan keonaran. Sehingga sejumlah imigran asal Iran tersebut, sempat dimasukkan ke dalam ruang karantina beberapa hari. Namun, setelah dilepas dari ruang karantina, para imigran asal Iran tersebut melarikan diri.

Disebutkan, jumlah imigran gelap yang kini dititipkan di Rudenim Surabaya di Raci sebanyak 91 orang. Sebanyak 17 orang merupakan imigran gelap korban kapal tenggelam di perairan Prigi, Trenggalek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.