Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alih Fungsi Lahan Terus Terjadi

Kompas.com - 04/01/2012, 02:47 WIB

Jakarta, Kompas - Kendati Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan sudah dua tahun diberlakukan, alih fungsi lahan tak kunjung bisa diatasi. Pemerintah daerah enggan menjadikan lahan pertanian di wilayah mereka masuk dalam kawasan lahan pertanian yang harus dilindungi.

Rencana pemerintah pusat melakukan moratorium konversi lahan pertanian juga tidak berlanjut. Hingga Selasa (3/1), setiap tahun sekitar 100.000 hektar lahan pertanian beralih fungsi menjadi lahan non-pertanian.

Di sisi lain, produksi komoditas pangan nasional tahun 2011 mengalami penurunan. Sementara tingkat konsumsi komoditas pangan akan terus meningkat seiring dengan membaiknya perekonomian dan pendapatan masyarakat.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Gatot Irianto mengakui masih sulit menghentikan laju konversi lahan pertanian ke non-pertanian sekalipun sudah ada UU No 41/2009.

Sebagian besar pemda belum mau menetapkan lahan pertanian di wilayahnya untuk dimasukkan dalam kawasan lahan pertanian pangan yang harus dilindungi keberadaannya. Ini terjadi karena pemda masih menjadikan lahan pertanian sebagai sumber pendapatan daerah.

Dengan demikian, kalau lahan tersebut masuk dalam kawasan yang harus dilindungi dari ancaman alih fungsi, pemda tidak bisa lagi menarik manfaatnya. Misalnya saja dengan menjadikan lahan pertanian sebagai pusat perbelanjaan dan usaha komersial lain.

Pemda juga masih memandang penetapan lahan pertanian pangan berkelanjutan justru akan menjadi beban bagi keuangan daerah.

Gatot berharap semua pihak bisa bersama mencari jalan keluar untuk menghentikan laju konversi lahan yang semakin mengancam ketahanan pangan nasional.

Masalah wewenang

Pemerintah pusat juga tidak punya kewenangan lebih jauh karena kewenangan penetapan status lahan tersebut ada pada pemda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com