Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Beras Rakyat Miskin Bakal Naik

Kompas.com - 22/12/2011, 02:48 WIB

Jakarta, Kompas - Pemerintah tengah menimbang skenario untuk menaikkan harga beras untuk rakyat miskin, atau raskin. Harga raskin diusulkan naik dari Rp 1.600 per kilogram menjadi Rp 2.500 per kilogram. Skenario itu didasari pertimbangan untuk menekan alokasi dana subsidi pemerintah yang selama ini membengkak.

Deputi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Bidang Perlindungan Sosial Adang Setiawan, di Jakarta, Rabu (21/12), mengatakan, sebenarnya Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat sudah mengusulkan kenaikan itu sejak sekitar dua tahun lalu.

”Namun, karena daya beli masyarakat belum siap, kami tunda untuk sementara. Tahun depan kondisi masyarakat dinilai lebih siap,” lanjutnya.

Dia mengatakan, sebagai kompensasi atas kenaikan harga itu, pemerintah akan menaikkan alokasi raskin dari 15 kilogram per bulan menjadi 20 kilogram per bulan. Pada 2011 pemerintah menganggarkan Rp 15,3 triliun sebagai alokasi subsidi raskin.

Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso mengakui, skenario itu bukan isu populis, tetapi sudah lama harga tebus raskin tidak naik, sementara harga beras terus naik. ”Setiap kenaikan harga beli beras pemerintah Rp 1.000 per kilogram akan menaikkan subsidi raskin Rp 3 triliun per tahun,” katanya.

Sutarto mengatakan, harga tebus raskin Rp 1.600 per kilogram berlaku sejak 2008. Harga tebus sebesar itu ditetapkan saat harga HPP beras sekitar Rp 4.300 per kilogram. Saat ini HPP untuk beras Rp 5.060 per kilogram dan harga beras di pasaran di atas Rp 7.000.

Dengan harga beras seperti sekarang, idealnya harga tebus raskin Rp 2.000 per kilogram, atau naik Rp 400, sehingga akan mengurangi subsidi Rp 1,2 triliun. Subsidi yang terlalu besar juga tidak baik.

Selain pertimbangan kenaikan subsidi, pendapatan petani juga selama beberapa tahun terakhir naik. Saat pertama kali dirumuskan harga tebus raskin separuh harga beras, hal itu untuk menghindari kemungkinan penyalahgunaan.

Selain mengusulkan penyesuaian harga tebus raskin, Bulog juga tengah merumuskan kenaikan HPP gabah dan beras pada 2012. HPP yang saat ini berlaku Rp 5.060 per kilogram untuk beras idealnya minimal Rp 6.000 per kilogram. (MAS/ENY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com