Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Mulai Bangun Jalan Tol

Kompas.com - 21/12/2011, 13:18 WIB
Herpin Dewanto Putro

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Jalan tol di Bali yang menghubungkan Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai, dan Pelabuhan Benoa, mulai dibangun, Rabu (21/12/2011). Pembangunan jalan tol itu ditargetkan selesai pada Mei 2013.

Pencanangan pembangunan jalan tol dikawasan Pelabuhan Benoa, Denpasar, siang tadi dihadiri antara lain Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Jalan tol tersebut memiliki panjang sekitar 12 kilometer dan dibangun di atas laut. Untuk itu, pembangunannya pun membutuhkan sekitar 18.000 tiang pancang beton sepanjang 18 meter dan berdiameter 60 sentimeter.

Jalan tol itu bisa dilalui kendaraan roda empat dan sepeda motor. Untuk mobil akan dikenai tarif Rp 10.000 dan sepeda motor Rp 4.000.

"Kelak jalan tol ini akan menjadi jalan tol terindah dan ikon Bali," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Bali Tol Akhmad Tito Karim dalam sambutannya. Pengguna jalan tol akan dibuat terpesona dengan pemandangan laut di kanan dan kiri jalan.

Pembangunan jalan tol ini membutuhkan dana Rp 2,49 triliun dari konsorsium BUMN yang terdiri PT Jasa Marga Tbk, PT Pelindo III, PT Angkasa Pura I, PT Pengembangan Pariwisata Bali, PT Wijaya Karya Tbk, PT Adhi Karya Tbk, dan PT Hutama Karya. Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Badung turut menanam saham masing-masing Rp 100 miliar. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com