Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Tumbangkan Pohon, jalan ke Bandara Masih Tertutup

Kompas.com - 21/12/2011, 07:37 WIB
Timbuktu Harthana

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com- Hingga Rabu (21/12/2011) pagi ini, jalan menuju Bandara Rendani di Manokwari, Papua, masih terhalang untuk kendaraan roda empat. Jalan hanya bisa dilalui sepeda motor. Akibatnya, calon penumpang pesawat terhambat menuju ke bandara.

Pascakericuhan yang terjadi akibat kekecewaan massa atas kekalahan pasangan Dominggus Mandacan-Origenes Nauw, Selasa kemarin, jalan menuju bandara terhalang 4 pohon besar yang ditumbangkan. Pohon besar menutup ruas jalan, hanya menyisakan sedikit celah yang dapat dilalui sepeda motor. Bahkan, sepeda motor terpaksa melewati halaman rumah penduduk untuk mengitari pohon yang sengaja ditumbangkan.

Mobil-mobil terpaksa memutar balik karena tak bisa melintas. Terlihat calon penumpang pesawat menumpang ojek atau diantar dengan sepeda motor agar bisa melintasi jalan yang terhalang pohon besar.

Kemarin, penumpukan penumpang yang tiba sempat terjadi di bandara. Mereka menunggu sampai lebih dari dua jam karena tak bisa ke kota karena jalan di luar bandara terblokir pohon-pohon tumbang. Akhirnya, sejumlah penumpang memanfaatkan jasa nelayan di sekitar bandara untuk mengantar ke kota.

Tiap penumpang pesawat yang naik perahu itu membayar Rp 25.000 atas jasa angkut tersebut. Meski demikian, menurut Kepala Bandara Rendani Bambang Hartarto, tak terjadi keterlambatan keberangkatan pesawat akibat pemblokiran jalan.

Jadwal keberangkatan sejak Selasa hingga Rabu pagi masih berjalan normal. Sementara itu, penjagaan bandara diperketat. Lebih dari 30 personil polisi dan TNI bersenjata menjaga keamanan fasilitas publik tersebut. Mereka berjaga di halaman dan bagian depan bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com