Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dieng Terus Diguyur Hujan, Warga Masih Diungsikan

Kompas.com - 20/12/2011, 18:21 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com- Cuaca Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, yang masih terus diguyur hujan cukup deras dikhawatirkan memicu longsor susulan. Untuk itu, warga yang berada pada radius 300 meter dari lokasi Bukit Pakuwojo, salah satu bukit di Dieng, diinstruksikan untuk tetap mengungsi dan tidak boleh kembali ke rumah dulu.

Camat Kejajar, Faisal, Selasa (20/12/2011), mengatakan, saat ini seluruh warganya yang bertempat tinggal dalam radius 300 meter dari sungai diimbau untuk mengungsi. Dikhawatirkan, hujan yang masih terus melanda Desa Tieng dapat menyebabkan longsor susulan.

"Total warga yang mengungsi sekitar 600-an warga. Kami menampung di balai desa setempat dan beberapa lokasi aman lainnya," kata Fasial. Menurut dia, setelah longsor pada Minggu lalu, kondisi tanah di sekitar bukit Pakuwojo masih labil.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Eko Sutrisno Wibowo mengatakan, masa tanggap darurat untuk bencana longsor Desa Tieng ditetapkan selama 15 hari. Pemerintah dan semua instansi akan terus mencari korban hilang dalam bencana tersebut.

Hingga kini, sudah ada 10 korban meninggal yang ditemukan. Tim SAR masih mencari satu korban lagi atas nama Akhmad Nasikhun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com