Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Waspada Gunung Sindoro Dievaluasi

Kompas.com - 19/12/2011, 03:01 WIB

Temanggung, Kompas - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi minggu ini akan mengevaluasi status Waspada Gunung Sindoro. Selanjutnya, mereka akan memutuskan apakah gunung setinggi 3.150 meter dari permukaan laut itu tetap berstatus Waspada, meningkat jadi Siaga, atau turun kembali ke status Aktif Normal.

Gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah, ini mulai berstatus Waspada pada 5 Desember lalu.

”Dari data pengamatan sejak 5 Desember lalu, kami akan mengevaluasi apakah tren aktivitas vulkanis Gunung Sindoro cenderung meningkat atau justru menurun,” tutur Hendrasto, Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Minggu (18/12).

Evaluasi dilakukan dengan mempertimbangkan data seismik, kimia, deformasi, dan tampilan visual.

Selama ini, menurut dia, aktivitas vulkanis Gunung Sindoro cenderung fluktuatif. Hal ini antara lain terlihat dari aktivitas kegempaan. Misalnya, pada Kamis (15/12), hanya terjadi dua kali gempa vulkanis dalam, dua kali gempa vulkanis dangkal, satu kali gempa tremor, dan 32 kali gempa embusan. Namun, pada Jumat (16/12), gempa vulkanis meningkat, yakni sembilan kali gempa vulkanis dangkal disertai gempa vulkanis dalam.

Sementara itu, menyusul dinaikkannya status Gunung Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur, warga di bantaran Sungai Banyupahit dan Kaliputih diimbau berhati-hati karena setiap saat material kawah bisa meluber ke sungai.

Segala aktivitas warga dalam radius 1,5 kilometer dari kawah Ijen dilarang, termasuk penambangan, pendakian, dan wisata.(EGI/SIR/ARA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com