Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WCC Temukan 84 Kasus Kekerasan terhadap Perempuan

Kompas.com - 17/12/2011, 01:40 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Women Crisis Center (WCC) Nurani Perempuan Padang, Sumatera Barat, menyatakan bahwa sepanjang tahun 2011, laporan yang masuk ke yayasan tersebut terkait kekerasan terhadap perempuan mencapai 84 kasus.

Direktur WCC Nurani Perempuan Padang Yefri Heriani, Jumat (16/12/2011) di Padang, mengatakan, kasus kekerasan terhadap perempuan tersebut jika dibanding tahun 2010 terjadi peningkatan.

"Jika kita bandingkan dengan tahun 2010 yang lalu, kasus kekerasan terhadap perempuan di provinsi ini jauh lebih tinggi, dimana pada tahun lalu total kasus yang diungkap hanya mencapai 58 kasus," kata Yefri, Jumat (16/12/2011).

Dia menambahkan, meningkatnya penemuan kasus kekerasan terhadap perempuan tersebut salah satunya dikarenakan mulai sadarnya masyarakat untuk melaporkan tindakan kekerasan yang menimpa mereka.

Dari jumlah laporan kekerasan terhadap wanita di Kota Padang, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) menduduki kasus dengan jumlah tertinggi di daerah ini, mencapai 55 kasus, diikuti pemerkosaan yang mencapai 13 kasus, kekerasan aparat berwajib sebanyak delapan kasus, pelecehan seksual tujuh kasus, dan satu kasus trafficking (perdagangan manusia).

Kasus trafficking ini merupakan yang pertama yang ditemukan oleh WCC Nurani Perempuan di kota itu. Kasus terungkap berkat laporan orangtua korban yang melapor ke yayasan tersebut.

Sementara itu, temuan kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilakukan aparat antara lain oleh pihak kepolisian. Salah satunya dalam bentrok di Maligi, Kabupaten Pasaman Barat.

Pada kasus 14 November 2011 tersebut, puluhan ibu terlibat dalam konflik perebutan lahan antara PT Permata Hijau Pasaman II (PT PHP II) yang saat ini bernama PT Gersindo Minang Plantation (GMP) dan masyarakat Maligi yang menuntut pemenuhan hak plasma yang dijanjikan pihak perusahaan.

"Untuk kasus trafficking ditemukan setelah adanya laporan dari orangtua korban kepada yayasan ini pada tahun 2011," ucap Yefri.

Sementara itu, Yefri menambahkan, kasus perkosaan kebanyakan dilakukan orang terdekat korban, seperti pihak keluarga atau kekasih. Untuk menekan angka kekerasan terhadap wanita, WCC Nurani Perempuan Padang mengimbau adanya kontrol sosial dari masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat.

Sehubungan dengan itu, kesadaran masyarakat tentang perlunya melaporkan tindak kekerasan terhadap diri mereka merupakan salah satu cara untuk menekan angka tindak kekerasan terhadap perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com