Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Kapuas III Solusi Atasi Kemacetan Pontianak

Kompas.com - 16/12/2011, 20:57 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pembangunan Jembatan Kapuas III menjadi salah satu solusi untuk mengurai kemacetan di jembatan Kapuas I, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Selama ini, pada jam-jam sibuk, terjadi antrean panjang menjelang dan sesudah jembatan Kapuas I, karena lebar jembatan hanya cukup untuk berpapasan dua mobil.

Wakil Wali Kota Pontianak, Paryadi, mengatakan, pembangunan Jembatan Kapuas III masih wacana, tetapi tetap ada kemungkinan direalisasikan.

"Perkembangan ekonomi Kota Pontianak ini kan awalnya tidak sepesat sekarang. Saat ini kendaraan sudah semakin banyak, sementara jembatan untuk menyeberangi Sungai Kapuas di Kota Pontianak hanya ada satu," kata Paryadi, Jumat (16/12/2011).

Jembatan Kapuas I menghubungkan Pontianak Kota dan Pontianak Timur. Satu jembatan melintasi Sungai Kapuas adalah Jembatan Kapuas II yang menghubungkan Pontianak dengan Kabupaten Kubu Raya.

Jembatan Kapuas III akan menghubungkan Pontianak Kota dan Pontianak Utara. Opsi Jembatan Kapuas III itu ada dua yakni di samping Taman Alun Kapuas dan di daerah Nipah Kuning.

Namun, jika dibangun di Nipah Kuning, konstruksinya harus sangat tinggi, karena Sungai Kapuas di ruas itu masih dilalui kapal-kapal besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com