Status Sorik Marapi Menjadi Waspada

Kompas.com - 14/12/2011, 15:29 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

MEDAN, KOMPAS.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menaikkan status Gunung Sorik Marapi di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara dari normal (level I) menjadi waspada (level II). Ini menyusul meningkatnya aktivias gubung dalam 12 hari terakhir.

Sejak awal Desember hingga 10 Desember terjadi terjadi empat kali gempa tektonik lokal, sembilan kali gempa tektonik jauh, dan sekali gempa vulkanik dalam.

Pada tanggal 11 Desember terjadi 17 gempa vulkanik dalam dengan durasi 5 detik sampai 15 detik. Frekwensinya meningkat pada tanggal 12 Desember, yakni 79 gempa vulkanik dalam dengan durasi 5 detik sampai 22 detik. Bahkan sempat terjadi tremor pada pukul 06:30-06:40.

"Tetapi warga tak perlu panik, tetapi harus waspada. Jauhi puncak gubung hingga radius 1,5 kilomter," kata Kepala Pusat Vulkanologi danMitigasi Bencana Geologi Surono saat dihubungi Kompas dari Medan, Selasa (13/12/2011).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.