Status Sorik Marapi Menjadi Waspada

Kompas.com - 13/12/2011, 20:25 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

MEDAN, KOMPAS.com -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menaikkan status Gunung Sorik Marapi di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, dari normal (level I) menjadi waspada (level II). Ini menyusul meningkatnya aktivias gunung dalam 12 hari terakhir.

Sejak awal Desember hingga 10 Desember terjadi terjadi empat kali gempa tektonik lokal, sembilan kali gempa tektonik jauh, dan sekali gempa vulkanik dalam.

Pada 11 Desember terjadi 17 gempa vulkanik dalam dengan durasi 5 detik sampai 15 detik. Frekuensinya meningkat pada 12 Desember, yakni 79 gempa vulkanik dalam dengan durasi 5 detik sampai 22 detik. Bahkan sempat terjadi tremor pada pukul 06.30-06.40.

"Meski demikian, warga tak perlu panik, tetapi harus waspada. Jauhi puncak gubung hingga radius 1,5 kilomter," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono, Selasa (13/12/2011).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.