Nelayan Larung Ancak dalam Sedekah Laut

Kompas.com - 13/12/2011, 13:16 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

TEGAL, KOMPAS.com — Ribuan nelayan di wilayah Kota Tegal, Jawa Tengah, melarung enam ancak berisi kepala kerbau dan aneka makanan ke Laut Jawa, Selasa (13/12/2011). Larung ancak tersebut sebagai puncak perayaan sedekah laut, yang diselenggarakan oleh nelayan di wilayah Kota Tegal.

Selain melarung ancak, para nelayan dan masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut berebut air bercampur bunga, yang sudah diberi doa oleh dalang ruwat.

Oleh sebagian masyarakat, air tersebut dipercaya bisa memberikan berkah dan kesembuhan. "Iya, air bisa menyembuhkan penyakit," kata Rusja (45), warga yang ikut berebut air.

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal Mahmud Effendy mengatakan, sedekah laut merupakan wujud syukur nelayan atas limpahan hasil tangkapan yang telah diberikan Tuhan. Kegiatan itu juga sebagai bentuk doa agar nelayan selalu diberi keselamatan dan kemudahan dalam melaut.

Sebagai rangkaian sedekah laut, para nelayan juga menyelenggarakan pentas wayang golek, campursari, dan pentas sandiwara. Berbagai acara hiburan itu ditampilkan untuk menghibur masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.