Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamalama Tiga Kali Lontarkan Abu Vulkanik

Kompas.com - 06/12/2011, 16:03 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com- Sejak Selasa (6/12/2011) pagi hingga sore hari ini, Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara tercatat tiga kali menyemburkan abu vulkanik dengan ketinggian berkisar antara 500 meter sampai 700 meter.

Meski begitu, belum ada perubahan status dari gunung itu, statusnya masih siaga.

"Abu vulkanik itu bertiup mengikuti arah angin. Sepanjang hari ini, angin bertiup ke arah tenggara dan selatan gunung, sehingga wilayah tenggara dan selatan pulau Ternate yang paling banyak terkena abu," kata Kepala Pos Pemantauan Gunung Api Gamalama, Darno Lamane yang dihubungi dari Ambon.

Selain tiga kali menyemburkan abu, pos pemantauan mencatat gempa tremor masih terus-menerus terjadi. Sejak pagi hingga sore hari, gempa tremor terjadi dengan amplitudo maksimum lima milimeter.

Sehari sebelumnya, gempa tremor terjadi dengan amplitudo maksimum 45 milimeter. Dengan kondisi yang ada, Darno mengatakan status gunung tersebut masih siaga. Dia tidak bisa memprediksi apakah statusnya akan ditingkatkan menjadi level IV awas atau justru diturunkan menjadi level II waspada. "Kami masih terus memantau perkembangan yang ada," tambahnya.

Dengan status yang masih siaga, Darno meminta warga di daerah rawan bencana I dan rawan bencana II atau dalam radius 3,5 kilometer dari puncak gunung, untuk tetap waspada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com